Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)

Program MBKM

Program MBKM merupakan persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Manfaat mengikuti program MBKM:

  • Kegiatan praktik di lapangan akan dikonversi menjadi SKS
  • Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester
  • Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal
  • Menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka

Tautan Informasi Program MBKM yang tersedia:

  1. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id untuk mengetahui informasi dan update terkini terkait program MBKM terdiri dari beberapa BKP MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. https://permatasari.id untuk mengetahui informasi dan update terkini program pertukaran mahasiswa antar Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia Wilayah Barat

Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM sebagai berikut:

Alur Pelaksanaan Kegiatan MBKM PSEL ITERA

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) menyediakan opsi untuk belajar di Luar Program Studi selama 3 (tiga) semester atau setara ± 60 SKS. Meskipun demikian, tidak semua mahasiswa dapat mengikuti program ini. Namun demikian, dalam pemenuhan hak mahasiswa ini dosen perwalian wajib mengarahkan agar kegiatan di luar prodi tetap pada jalur yang relevan dengan bidang teknologi elektro dan pilihan karirnya nanti setelah lulus.

Mahasiswa yang memenuhi syarat administrasi dan dapat mengikuti program ini harus memenuhi syarat minimal secara akademik, yaitu:

  1. IPK minimal 2,75 pada semester IV
  2. Tidak ada tunggakan Mata Kuliah pada semester I-IV (TPB harus sudah lulus)
  3. Mendapatkan persetujuan dari dosen perwalian dan sudah dinyatakan layak oleh verifikator MBKM Prodi
  4. Mahasiswa yang mengambil kegiatan MBKM diluar ITERA tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan yang ada didalam ITERA

Meski demikian, ada Capaian pembelajaran lulusan yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa, setara dengan mata kuliah/ekuivalensi terhadap struktur kurikulum prodi oleh verifikator MBKM PSEL ITERA, dengan menjaga ciri keilmuan yang bersumber dari kelompok keilmuan yang ada pada PSEL ITERA. Apabila tidak terdapat mata kuliah/ekivalensi PSEL ITERA tetap akan memberikan pengakuan sesuai ketercapaian CPL mahasiswa yang mengambil program MBKM.

Gambar Alur Pelaksanaan Kegiatan MBKM PSEL ITERA

Format Persetujuan Dosen Wali – Mahasiswa MBKM

Syarat utama Mahasiswa/i PSEL ITERA agar dapat mengikuti Program MBKM adalah terjalin komunikasi dan persetujuan oleh Dosen Perwaliannya, untuk selanjutnya tim verifikator MBKM akan merekognisi CPL dari Mata Kuliah yang akan diambil oleh Mahasiswa/i PSEL ITERA.

Berikut adalah Dokumen Formulir Persetujuan Dosen Wali – Mahasiswa MBKM dan Surat Rekomendasi Administrasi MBKM oleh Jurusan Teknologi Produksi dan Industri. Dapat diunduh dalam tautan berikut:

Pendaftaran Mahasiswa PSEL ITERA Program MBKM

Kepada seluruh Mahasiswa/i PSEL ITERA yang berminat mengikuti Program MBKM dengan telah memenuhi syarat-syarat diatas silahkan mendaftarkan diri anda dalam tautan berikut: