Empat Mahasiswa Elektro ITERA Kerja Praktik di Batam Aero Technic Lion Operation Center

Empat Mahasiswa Elektro ITERA Kerja Praktik di Batam Aero Technic Lion Operation Center

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA) angkatan 2019 perdana melaksanakan Kerja Praktik (KP) di dunia penerbangan yaitu Batam Aero Technic (BAT) – Lion Operation Center. BAT merupakan divisi bagian perawatan komponen pesawat udara Lion Air yang berlokasi pusat di Batam, Kepulauan Riau, serta memiliki kantor di Tangerang, Banten. Kegiatan KP ini pun dilaksanakan di kantor Tangerang, bukan di Batam. Mereka beranggotakan 4 orang yaitu Egi Dea Safitri, Femina, Rafi Ismail Rahanto dan Raihan Salim Maulana yang berturut-turut lulusan dari SMAN 1 Banjar Agung, SMKN 1 Bintan Utara, SMAN 24 Kabupaten Tangerang, dan SMAN 2 Bukittinggi. Kerja Praktik dilaksanakan selama 31 hari sejak tanggal 6 Juni hingga 18 Juli 2022 pada hari kerja Senin – Jumat. Adapun Tim ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing yaitu Ibu Dr. Suratun Nafisah, S.Si., M.Sc. dan Dosen Koordinator KP yaitu Bapak Gde KM Atmajaya, S.T., M.T.

Overhaul Baterai Pesawat.

Divisi BAT memiliki tiga bagian yaitu electric shop, avionic dan battery shop. Electric shop merupakan bagian yang bertugas untuk memperbaiki komponen-komponen pesawat dari lighting hingga power supply pada pesawat. Radio shop adalah bagian yang bertugas memperbaiki komponen-komponen pesawat seperti Audio Control Panel (ACP). Terakhir, bagian battery shop bertugas melakukan maintenance terhadap baterai pada pesawat.

“Jadi kita di sini selama 6 pekan dibagi-bagi, selama 2 pekan itu kita di electric shop, di sini kami melakukan maintenance pada strobe light, anti collition light dan lainnya. Terus 2 pekan selanjutnya kita dipindahkan ke bagian baterai. Nah disini kami banyak belajar tentang gimana overhaul dan proses charging pada baterai pesawat. Kemudian, 2 pekan terakhir kami pindah lagi ke bagian avionic, di avionic kami memperbaiki ACP pesawat dan komponen pesawat yang berhubungan dengan radio. Karena di avionic tidak banyak yang dikerjain jadi kadang kami juga membantu di bagian elektroniknya,” Ujar Raihan Salim terkait kegiatan selama Kerja Praktik.

Perbaikan landing light pesawat.

“Di sini lingkungannya juga asik, staf dan atasan di sini sangat ramah dan welcome banget jadi kitanya juga nyaman kerja. Dan juga orang-orang disini tidak pelit ilmu,. Yang awalnya masih belum tau tentang dunia penerbangan, setelah magang disini jadi nambah pengetahuan. Soalnya setiap pagi pasti dikasih materi-materi tentang dunia penerbangan,” Ungkap Rafi Ismail. “Rasanya tuh senang pas awal tau dapat KP disini tuh excited gitu. Karena kan sebelumnya kepikiran KP di Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) gitu. Ternyata bisa dapat di dunia penerbangan. Jadi kayak bisa nambah pengalaman juga,” Tambah Dea mengungkapkan perasaaannya saat keterima Kerja Praktik di BAT.

Perbaikan strobe light pesawat.

Pembimbing Lapangan sekaligus chief di bagian electric shop, Asep Sumarna, mengatakan, “Kesannya bagus, untuk selama ini banyak yang magang kesini memiliki basic dasarnya itu kurang, kalian itu cukup. Jadi udah baik basic nya, cuman karena umum ya bukan dari penerbangan jadi wajar gak tau basic penerbangan. Untuk basic tekniknya udah bagus,” Ujar Beliau. Harapannya, semoga kedepannya ITERA khususnya Prodi Teknik Elektro dapat menjalin kerjasama lebih lanjut dengan BAT.

Penulis oleh Femina, Mahasiswi Teknik Elektro ITERA 2019
Editor oleh Muhamad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *