Mahasiswa ITERA Meraih Juara 1 Nasional pada Lomba ELCCO

Mahasiswa ITERA Meraih Juara 1 Nasional pada Lomba ELCCO

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA) angkatan 2020, Teguh Samudra, mewakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robot ITERA (Urotera) pada Event Electrical and Computer Competition (ELCCO) yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana, 11 Januari – 13 Maret 2022, secara online. ELCCO merupakan sebuah kompetisi di bidang inovasi dan perkembangan teknologi, ilmu dasar Teknik Elektro dan Komputer, serta ilmu Robotika yang berkembang pesat saat ini. Terdapat berbagai lomba pada event ini seperti, line follower competition, cerdas cermat, karya tulis ilmiah, karya cipta teknologi, poster competition dan lomba video. Pada event ini, Teguh mengikuti lomba design poster dengan tema “Developing Golden Generation With Smart Innovation to Advance Technology in Era Society 5.0” dan berhasil meraih juara 1 dengan mengalahkan 30-an peserta yang mendaftar.

Poster karya Teguh.

“Saya kayak coba-cobalah gitu, siapa tau ada hoki disitu. Bisa nyari-nyari sertifikat juga, setidaknya kalau saya ga menang kayak bisa taulah pengalaman terus juga bisa liat karya orang biar bisa nambah wawasan didesain itu sendiri,” Ungkapnya saat ditanya motivasi mengikuti lomba ini. Menurutnya, suatu poster yang bagus adalah poster yang mengandung informasi sesuai dengan tema yang diberikan. Isi dari sebuah poster harus singkat, padat dan jelas serta mengutamakan keindahan pada poster. Hal ini agar poster dapat menarik perhatian banyak orang untuk mencari tahu isi dari poster tersebut.

Sertifikat Teguh Juara 1.

Sebelumnya, Teguh juga pernah mengikuti lomba poster yang diselenggarakan oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), serta menjadi tim desain UKM, himpunan hingga kepanitiaan di ITERA. “Pengalaman itu tidak bisa dibeli pakai uang, coba dulu daftar. Setidaknya kita punya keyakinan, saya yakin saya bisa, urusan kalah menang itu urusan belakangan,” Ujarnya diakhir sesi wawancara. Semoga pengalaman Teguh dapat menginspirasi semua mahasiswa Prodi Teknik Elektro ITERA serta Prodi lainnya untuk berprestasi di bidang apa pun. Kontribusi prestasi mahasiswa tentu saja akan berdampak kepada peningkatan kualitasi institusi yang dicerminkan dari meningkatnya akreditasi.

Penulis oleh Femina, Mahasiswa Prodi Teknik Elektro ITERA 2019
Editor oleh Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *