Dosen Teknik Elektro ITERA Memublikasikan Artikel Geolokasi Pelacakan Tiga Dimensi di IEEE Sensors Journal, Q1, IF 3,301

Dosen Teknik Elektro ITERA Memublikasikan Artikel Geolokasi Pelacakan Tiga Dimensi di IEEE Sensors Journal, Q1, IF 3,301

Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Elektro di Insistitut Teknologi Sumatera (ITERA), Assistant Professor (Lektor) Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D., telah menerbitkan sebuat artikel dengan judul, “DOA-based 3D Tracking with Factor Graph Technique for a Multi-Sensor System,” pada IEEE Sensors Journal, Q1, dengan Impact Factor (IF) pada Web of Science (WoS) sebesar 3,301. Pada artikel ini, Dr. Reza berperan sebagai Penulis Korespondensi dengan Penulis Pertama adalah Associate Professor Meng Cheng (Simon), Ph.D., dari Shanghai Normal University, dari total dua penulis. Artikel ini merupakan yang ke-3 terbit hasil dari kolaborasi Dr. Reza dan Dr. Simon yang mengembangkan dari hasi penelitian sebelumnya seputar teknik geolokasi menggunakan factor graph. Kedua artikel yang terlebih dahulu telah terbit di IEEE Accesss, Q1, IF 3,367, berturut-turut tahun 2019 dan 2020.

Artikel ini membahas teknik geolokasi yang menggunaan factor graph untuk memanfaatkan direction of arrival (DOA) atau arah kedatangan sinyal dari pemancar radio gelombang elektromagnetik yang sedang bergerak dan diterima oleh sensor atau penerima (receiver). Kemudian teknik yang kami kembangkan diguanakan untuk mendeteksi target yang bergerak. Sehingga kami juga menerapkan Kalman filter. Selanjutnya, kami juga mengembangkan pendektesian posisi ini untuk koordinat tiga dimensi (3D).

Informasi lengkap tentang artikel dapat dilihat di URL ini IEEEXplore, yang terbit sebagai early access pada tanggal 4 Oktober 2021. Artikel kami juga memiliki Print ISSN: 1530-437X, Electronic ISSN: 1558-1748, CD: 2379-9153. Selain itu, DOI dari artikel ini adalah 10.1109/JSEN.2021.3117362. Jika ingin mengunduh artikel lengkap versi penulis (bukan versi penerbit), dapat berkunjung berkunjung ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *