Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ITERA Raih Gelar Wisudawan Termuda Periode Juli 2021

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ITERA Raih Gelar Wisudawan Termuda Periode Juli 2021

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Shovyana Wulan Tika, meraih gelar wisudawan termuda periode Juli 2021 diusia 20 tahun 10 bulan 14 hari. Dengan mengusung judul Sistem Pemantauan dan Pengendalian Debit Air Menggunakan Kontrol Proportional Integral Derivative (PID) pada tugas akhir, perempuan kelahiran Lampung Timur itu mampu menyelesaikan studi S1 selama 3 tahun 9 bulan 10 hari. Melalui kegiatan wisuda yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 17 Juli 2021, Shovy berhasil meraih predikat sangat memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,60.

“Saya bisa wisuda diusia 20 tahun, karena masuk sekolah dasar di usia 5 tahun. Saya juga tidak pernah ikut program akselerasi dan sejenisnya.” ucapnya (Minggu, 18/07/2021). Perempuan yang menamatkan pendidikan sekolah menengah pertama di  SMPN 3 Terbanggi Besar pada 2014, serta sekolah menengah atas di SMAN 1 Seputih Agung pada 2017, juga menuturkan alasan memilih Teknik Elektro ITERA sebagai tempat melanjutkan studi S1. “Minat saya terhadap mata pelajaran matematika dan fisika cukup tinggi. Selain itu, saya juga mempunyai ketertarikan terhadap dunia kelistrikan pada umumnya, dan elektronika pada khususnya. Saya memilih ITERA karena berbasis institut dan tentunya masih berada di wilayah Provinsi Lampung.”

Lebih lanjut, Shovy menuturkan bahwa ia merasa beruntung karena dapat berkuliah di ITERA, serta diberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat, yang membantunya dari masa Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) hingga lulus. “Saya juga merasa beruntung karena bisa diajar, dibimbing, dan diarahkan oleh dosen-dosen di Program Studi Teknik Elektro, yang notabene dosen terbaik yang pernah saya temukan.” Dalam satu sampai dua tahun kedepan, ia berencana bekerja sembari meningkatkan skill dan kemampuan berbahasa Inggris, lalu mendaftarkan diri pada program beasiswa untuk melanjutkan studi S2.

“Usia tidak membatasimu untuk terus belajar dan mencari ilmu. Jangan lengah dan harus tetap fokus. Terus perbaiki diri selagi mampu, dan jangan lupa untuk mengimbangi usaha dengan doa.Tips sukses menghadapi perkuliahan dan mendapat IPK >3.5, yakni selalu lakukan dengan versi masing-masing dengan semaksimal mungkin. Selalu ingat dengan orang tua yang mendukung di balik layar. Selain itu, imbangi juga dengan organisasi dan bersosialisasi, karena untuk menyelesaikan Tugas Akhir tepat waktu, terutama di Program Studi Teknik Elektro, sangat diperlukan kerja sama tim yang bagus.” pungkasnya.

Video wisuda dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=MPc5H8lLYrI

Editor Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D., SMIEEE., Assistant Professor, Teknik Elektro, ITERA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *