Program Studi Teknik Elektro

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Great !! Q1 Impact Factor 4.098 IEEE Access Teknik Elektro ITERA Kolaborasi dengan JAIST Jepang Telah Terbit


July 17th, 2019 | Posted by: Muhammad Reza Kahar Aziz, PhD


Meng Cheng, Ph.D. dengan nama panggilan Simon seorang peneliti Post Doctoral di Laboratorium Information Theory and Signal Processing, School of Information Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) melanjutkan penelitian Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D. semasa menjadi mahasiswa Ph.D. di lab yang sama di JAIST. Dr. Simon merupakan senior dari Dr. Reza dengan Supervisor mereka Prof. Tad Matsumoto, Ph.D., Fellow, IEEE.

Dr. Reza menerbitkan sebuah paper berupa teknik geolokasi untuk mendeteksi ilegal radio dengan memanfaatkan arah kedatangan sinyal dari target, disebus sebagai direction of arrvial (DOA) atau angle of arrival (AOA), yang ditangkap oleh tiga buah perangkat penerima sinyal yang diolah dengan bantuan algoritma factor graph. Teknik ini dipatenkan kemudian dipublikasikan di dalam jurnal EURASIP JWCN pernerbit Springer Nature, Q2, Impact Factor (IF) 1.583, dan menjadi bagian dari Bab 3 Disertasi Dr. Reza pada tahun 2016. Sebagai informasi, penelitian ini merupakan bagian dari proyek illegal radio monitoring untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Akan tetapi, teknik ini masih untuk satu target dan dua dimensi (2D) dengan koordinat hanya x dan y. Kemudian Dr. Simon melanjutkan penelitian ini untuk mengembangkannya menjadi tiga dimensi (3D) dan juga bisa mendeteksi banyak target. Akhirnya penelitian kami dapat menembus jurnal IEEE Access, Q1, IF 4.098. Alhamdulillah. Penulis pada artikel jurnal ini adalah Meng Cheng, Muhammad Reza Kahar Aziz, dan Tad Matsumoto.

Bagi yang berminat untuk menelusuri lebih detail lagi hasil penelitian ini dapat mengunduh dengan klik URL berikut:

  1. Disertasi Dr. Reza mengenai Deteksi Radio Ilegal Menggunakan Factor Graph yang berjudul “Factor Graph-based Geolocation Techniques for Position Detection of Unknown Radio Wave Emitters: In Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Doctor of Philosophy.”
  2. Publikasi Dr. Reza untuk DOA factor graph di EURASIP JWCN Springer Nature dengan judul “A new DOA-based factor graph geolocation technique for detection of unknown radio wave emitter position using the first-order Taylor series approximation,” dengan penulisnya adalah Muhammad Reza Kahar Aziz, Khoirul Anwar, dan Tad Matsumoto. Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar yang merupakan Asisten Professor di Lab telah membimbing Dr. Reza selama menempuh studi Doktor di JAIST dan juga yang membawa ide factor graph pertama kali ke lab kami. Dr. Reza menggunakan dua afiliasi yaitu JAIST dan Teknik Elektro ITERA pada artikel ini.
  3. Publikasi Dr. Simon untuk DOA factor graph 3D dan Multi Target di IEEE Access yang berjudul “A DOA-based Factor Graph Technique for 3D Multi-target Geolocation.”

Selamat ya untuk pencapaiannya !!

 

 


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)