Program Studi Teknik Elektro

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Excellence !! Makalah Kolaborasi CNU Korea Selatan dengan Teknik Elektro ITERA Diterima Untuk Dipresentasikan dan Dipublikasikan pada SmartGridComm, Beijing, Oktober 2019


July 16th, 2019 | Posted by: Muhammad Reza Kahar Aziz, PhD


 

Sebuah makalah hasil kolaborasi antara Chonnam National University (CNU) Korea Selatan dengan Teknik Elektro Insitut Teknologi Sumatera (ITERA) telah diterima untuk dipresentasikan dan dipublikasikan pada IEEE International Conference on Communications, Control, and Computing Technologies for Smart Grids (SmartGridComm), 21-24 October 2019, Beijing, China. SmartGridComm merupakan salah satu dari tiga flagship event IEEE Smart Grid. Saat ini SmartGridComm termasuk di urutan ke-19 dalam top publication menurut Google Scholar untuk sub kategori Power Engineering.

Makalah yang berjudul “Latency Minimization for Energy Internet Communications with SDN Virtualization Infrastructure” ini ditulis oleh tiga akademisi dari CNU yaitu penulis pertama adalah mahasiswa PhD Ardiansyah, S.T., M.Eng., diikuti oleh penulis kedua Associate Professor Yanghoon Choi, Ph.D., dan penulis terakhir Professor Deokjai Choi, Ph.D. Sedangkan Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D, dari Teknik Elektro ITERA menempati penulis urutan ketiga. Makalah ilmiah ini merupakan makalah yang ketiga dari kolaborasi antara Ardiansyah dan Reza. Bahkan makalah kedua mereka mendapatkan¬†Best Paper Award¬†pada 2nd Symposium of Future Telecommunication Technologies (SOFTT) 2018. Saat ini merka sedang menanti hasil review sebuah artikel makalah keempat dan dalam proses menulis makalah kelima.

Kontribusi yang ditekankan pada makalah tersebut adalah mengangkat masalah adopsi jaringan komunikasi berbasis software define networking (SDN) dan network function virtualization (NFV) untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang ada serta memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi di energy internet (EI), dimana EI merupakan sebuah sistem baru dari jaringan kelistrikan terdistribusi. Dengan memanfaatkan graph clustering analysis, kami menawarkan solusi penempatan NFV middlebox dengan network latency seminimal mungkin.

Selamat ya !!


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)