Program Studi Teknik Elektro

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Selamat!! Kolaborasi Artikel dengan LAPAN dan CTU Ceko Tentang Antena Roket Terbit di Jurnal Radioengineering


July 15th, 2019 | Posted by: Muhammad Reza Kahar Aziz, PhD


Satu lagi artikel dengan afiliasi Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA) telah terbit pada sebuah jurnal internasional di negara Ceko (Czech) yaitu Radioengineering dengan Impact Factor tahun 2017 adalah 1.048 pada tahun 2017 dan 0.967 pada tahun 2018. Radioengineering sempat berada pada posisi Q2, akan tetapi sekarang sedang berada pada posisi Q3. H-index jurnal ini sebesar 34.

Artikel ini berjudul “Excitation of a Conducting Cylinder Using the Theory of Characteristic Modes” dan diterima untuk publikasi pada tanggal 20 Agustus 2018.  Penemuan yang tertulis dalam artikel kolaborasi antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN), Czech Technical University (CTU), dan ITERA ini mengenai antena pada roket dimana antena berupa slot dalam bentuk H. Dalam penelitian ini roket diasumsikan dengan benda berbentuk silinder kemudian  antena dedilakukan perancangann dengan validasi berupa simulasi dan pengukuran dari hasil pabrikasi.

Penulis utama artikel ini adalah Ing. Anita Pascawati, S.T. peneliti LAPAN. Sedangkan Associate Professor Pavel Hazdra dari CTU menjadi penulis kedua dan korespondensi. Diikuti oleh penulis ketiga mahasiswa Doktor di CTU yaitu Tomas Lonsky. Kemudian penulis terakhir adalah Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D. dari Teknik Elektro ITERA.

Artikel ini merupakan bagian dari Tesis Master Anita di CTU yang menurut salah seorang penguji adalah tesis terbaik selama tiga tahun terakhir di CTU. Selamat ya untuk para penulis!!

Bagi yang tertarik untuk membaca jurnal lebih detail dapat mengunduhnya di sini.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)