Teknik elektro, ITERA, EL ITERA

Selamat datang di Electrical Engineering Institut Teknologi Sumatera

  • (0721) 8030188
  • el@itera.ac.id

Dua Mahasiswa ITERA Lulus Seleksi Magang Bersertifikat Program MBKM di PT Suri Tani Pemuka Lampung Selatan untuk Bidang Electrical For Automation

Nur Rohman dan Prasetyo Alfreda, keduanya merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro (EL) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifkat (MSIB) bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat. Sehingga, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih selaras dengan kebutuhan zaman. Kampus Merdeka menawarkan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin belajar di luar kampus selama 2 (dua) semester. Sedangkan satu semester penuh memberikan konversi sebesar 20 sistem kredit semester (SKS) untuk kegiatan magang maupun studi mandiri. Adapun program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditawarkan selain MSIB adalah Kampus Mengajar, Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), Wirausaha Merdeka, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Praktisi Mengajar, Bangkit, dan Gerilya.

Program yang diikuti oleh Nur Rohman dan Alfreda yaitu MSIB di semester 6 ini, dimana program magang tersebut akan berjalan selama 4 bulan. Mereka berdua diterima magang di perusahaan yaitu PT Suri Tani Pemuka (STP) yang bergerak pada bidang Budidaya Perairan yang terletak di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Mereka berdua telah lolos seleksi sehingga mendapatkan offering setelah mengikuti beberapa tahapan terlebih dahulu. Hal ini dimulai dari pendaftaran di website kampus merdeka, seleksi berkas, test kebhinekaan, hingga tahap interview. Pada tahap interview diikuti kurang lebih 80 mahasiswa di seluruh Indonesia yang melamar pada salah satu divisi yaitu Electrical for Automation. Sedangkan, kuota yang diterima untuk penempatan di Lampung Selatan hanya 2 orang saja yaitu Nur Rohman dan Prasetyo Alfreda.

Nur Rohman sendiri ketika proses melamar MBKM pada 3 mitra perusahaan diantaranya yaitu PT Stechoq Robotika Indonesia, PT Dankos Farma, dan PT Suri Tani Pemuka dengan divisi bidang yang dilamar pada masing-masing perusahaan berbeda-beda. Selanjutnya Prasetyo Alfreda melamar pada 5 mitra perusahaan diantaranya yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia divisi Assembly Production Engineering, PT. Astra International divisi Automation Process Improvement, PT Len Industri divisi Missile RF & Antenna Engineer, PT Telekomunikasi Indonesia divisi Telecomunication Engineer, dan PT Suri Tani Pemuka divisi Electrical For Automation.

”Ketika itu kami dihubungi oleh pihak human resource (HR) dari PT Suri Tani Pemuka bahwa dinyatakan lolos seleksi Berkas selanjutnya akan mengikuti tahapan interview pada Rabu, 8 Februari 2023 melalui telepon WhatsApp. Kemudian sore hari setelah melakukan tahapan interview dengan HR dan user, " ujar mereka. Akhirnya, Nur Rohman dan Prasetyo dinyatakan lulus tahap interview dan langsung diterima oleh perusahaan. "Saran dari kami ketika melalui tahap interview adalah pahami penguasaan diri sendiri baik hard skill maupun soft skill yang telah dicapai. Selanjutnya, pastikan kalian mengenal profil perusahaan yang kalian cari, posisi apa yang sedang ditawarkan, pelajari silabus dan requirement yang diajukan perusahan agar kita memahami bidang yang akan kita kerjakan. Kita harus percaya dengan kemampuan diri sendiri dan jangan gugup, serta jangan lupa berdoa terlebih dahulu," timpal mereka berdua memberikan nasihat untuk adik tingkat mereka agar lebih banyak lagi kelak yang lulus program MBKM.

Editor Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

Dua Mahasiswa ITERA Lulus Seleksi Magang Bersertifikat Program MBKM di PT Suri Tani Pemuka Lampung Selatan untuk Bidang Electrical For Automation