Program Studi Teknik Elektro

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Seminar PLN Goes To Campus


March 2nd, 2018 | Posted by: Admin



PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung bersama Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan seminar bertajuk ‘’ PLN Goes To Campus’ pada Sabtu, 24 Februari 2018. Kegiatan yang berisi sharing session oleh pihak PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung ini dihadiri oleh mahasiswa teknik elektro ITERA yang terdiri dari berbagai angkatan beserta sekretaris jurusan Sains, Ikah N. P. Permanasari, dan dosen dari prodi teknik elektro. Kegiatan ini selain menginformasikan tugas dan pelaksanaan harian dari PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung, juga dibicarakan mengenai nilai-nilai yang patut dimiliki oleh seorang calon engineer sebelum memasuki dunia kerja.

Dalam kegiatan yang mengambil tempat di aula gedung C ini, seminar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Pungki Priambodo, asisten manajer operasi, yang membahas tentang pelaksanaan teknis distribusi listrik di area Lampung serta kaitannya dengan materi-materi perkuliahan di prodi teknik elektro. Di sesi ke-dua, materi diberikan oleh Mohammad Sadli, asisten manajer Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan telekomunikasi, yang membahas tentang real time monitoring dan operasi dari penyaluran listrik di daerah distribusi Lampung. Disebutkan bahwa untuk mendukung tercapainya Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah pusat, maka PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung menerapkan SCADA yang merupakan sistem monitoring  jarak jauh untuk mengatur penyaluran listrik ke pelanggan serta mengatasi gangguan secara real time sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Penjabaran mengenai teknis pelaksanaan keseharian beserta target ke depan dari PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung memperoleh antusiasme yang cukup tinggi dari para mahasiswa teknik elektro, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi mengenai penggunaan energi terbarukan yang muncul setelah kedua sesi seminar. PT PLN Area Pengatur Distribusi Lampung juga sangat terbuka dengan minat mahasiswa untuk melakukan magang ataupun penelitian di PT PLN.

Melihat respon positif dari diselenggarakannya kegiatan “PLN Goes To Campus” ini, harapannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu cikal bakal kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk semakin menggali potensi di daerah Sumatera, khususnya Lampung, baik memberdayakan SDA maupun SDM yang ada, serta semakin mengeratkan hubungan yang baik antara akademisi dan industri.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)